SDELIMA MEMPERINGATI ISRA’ MI’RAJ DAN KHATAM QUR’AN

 

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH SDN 5 PULAU BESAR

MEMPERINGATI ISRA’ MI’RAJ DAN KHATAM QUR’AN

SELASA, 5 MARET 2024

 


Bismillahirahmaanirrahiimi


Kita berpantun dulu ya...

Hujan turun dipagi hari

Jalan bersama menuju pasar

Assalamu'alaikum Bapak/Ibu semua dan anak-anakku semua

Semoga acara kita berjalan lancar, aamiin


Yang terhormat Kepala Desa Sumber Jaya Permai,

Yang saya hormati Bapak/Ibu/Saudara semua, serta anak-anakku yang kami sayangi, Marilah kita memulai dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segenap puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, yang dengan rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul di sini dalam momen yang penuh makna ini, dalam peringatan Israk Mi'raj dan Khatam Al-Qur'an pertama di SDN 5 Pulau Besar.

Terima kasih kepada panitia Tim work SDELIMA LASAR JAYA, berkat kerjasama tim acara ini dapat terlaksanan.

Bapak/Ibu saudara sekalian, ijinkan saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran  semuanya di acara yang bersejarah ini, peringatan Israk Mi'raj dan Khatam Al-Qur'an pertama di SDN 5 Pulau Besar. Acara ini tidak hanya menjadi momentum penting dalam perjalanan spiritual kita, tetapi juga sebuah momen untuk bersama-sama merenungkan kebesaran dan keagungan Allah SWT serta meneladani ajaran-Nya yang mulia.

Israk Mi'raj, peristiwa luar biasa di mana Rasulullah SAW diberangkatkan dalam perjalanan malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan kemudian naik ke langit, adalah momen yang sarat makna bagi umat Islam. Perjalanan ini tidak hanya menunjukkan kedermawanan Allah kepada hamba-Nya yang paling utama, tetapi juga memberikan pelajaran berharga tentang kekuasaan, keajaiban, dan rahmat-Nya yang tiada batas.

Selain itu, hari ini juga kita merayakan Khatam Al-Qur'an pertama di SDN 5 Pulau Besar. Al-Qur'an, sebagai sumber utama petunjuk hidup umat Islam, merupakan cahaya yang menerangi jalan kita dalam kegelapan. Khatam Al-Qur'an ini bukan hanya menandai keberhasilan siswa-siswa kita dalam menyelesaikan pembacaan Al-Qur'an, tetapi juga mengingatkan kita semua akan pentingnya memahami, mengamalkan, dan menyebarkan ajaran-Nya.

Kami juga ingin mengucapkan selamat kepada 19 anak kelas 6 yang telah berhasil menyelesaikan khatam Al-Qur'an. Ini adalah prestasi luar biasa yang patut diapresiasi, dan kami berdoa semoga keberkahan Al-Qur'an senantiasa menyertai langkah-langkah kalian dalam hidup.

Kepada para tamu undangan, terutama Kepala Desa, Ketua Komite, dan anggota, serta para orang tua dan wali murid yang hadir di sini, saya ingin menyampaikan apresiasi yang mendalam atas dukungan dan kerjasama yang telah Bapak/Ibu/Saudara-saudara berikan kepada sekolah kami. Tanpa kerjasama dan dukungan yang kuat dari semua pihak, pencapaian seperti hari ini tidak akan mungkin tercapai. Kami tetap dan terus berharap dukungan dan kerjasama semua pihak agar kami bias memberikan Pelayanan Pendidikan di SDN 5 Pulau Besar yang lebih baik.

Bapak/Ibu semua dan anak-anakku, hari ini, kita memperingati merayakan bukan hanya khatam Al-Qur'an putera-puteri kita, tetapi juga sinergi luar biasa antara paguyuban sekolah dan para wali murid dalam menciptakan momen yang berkesan, yakni pembuatan Teluk Serujo.

Teluk Serujo bukan sekadar hasil kreativitas dan kerja keras kita bersama, tetapi juga simbol dari kebersamaan dalam menjalani perjalanan pendidikan dan spiritual. Sebagaimana Teluk Serujo yang indah ini terbentuk dari kerjasama dan kebersamaan, begitu juga pembelajaran dan pertumbuhan spiritual anak-anak kita memerlukan dukungan dan kolaborasi dari semua pihak. Kepada paguyuban sekolah, wali murid, dan seluruh komunitas yang telah berkontribusi dalam pembuatan Teluk Serujo ini, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi dan partisipasi aktifnya. Ini adalah bukti nyata bahwa ketika kita bersatu, kita mampu mencapai hasil yang luar biasa.

Implementasi Kurikulum Merdeka dan P5 dalam penumbuhan karakter murid di SDN 5 Pulau Besar, seperti yang digambarkan dalam "Teluk Serujo", mencerminkan komitmen sekolah dan masyarakat sekolah dalam mempersiapkan generasi yang tangguh dan berintegritas. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan bagaimana Kurikulum Merdeka dan P5 digunakan untuk tujuan tersebut:

1.     Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an dan Hadis: Kurikulum Merdeka menekankan pada pendidikan karakter yang kokoh dan berdasarkan nilai-nilai keislaman. Dalam konteks "Teluk Serujo", pendidikan karakter ini tercermin dalam upaya khatam Al-Qur'an, di mana murid dan orang tua mereka bersama-sama mengambil bagian dalam proses ini. Pembacaan Al-Qur'an tidak hanya menjadi tujuan akademis, tetapi juga sebagai sarana untuk menumbuhkan sikap kesabaran, ketekunan, dan integritas.

2.     Pengembangan Sikap Gotong Royong dan Kolaboratif: P5 (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) mendorong pengembangan sikap gotong royong, persatuan, dan kerjasama dalam masyarakat. Dalam "Teluk Serujo", paguyuban orang tua dan murid merupakan contoh nyata dari kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung pendidikan agama dan karakter anak-anak. Melalui kerjasama ini, mereka tidak hanya membantu dalam mencapai tujuan akademis, tetapi juga membentuk ikatan sosial yang kuat.

3.     Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Cinta Tanah Air: Kurikulum Merdeka mendorong pembentukan karakter yang mencintai tanah air dan menghargai keberagaman budaya. Dalam kisah "Teluk Serujo", penumbuhan karakter murid juga mencakup apresiasi terhadap keberagaman dalam masyarakat dan kehidupan berbangsa. Melalui pembacaan Al-Qur'an dan pembentukan paguyuban, murid dan orang tua mereka belajar untuk menghormati dan memahami perbedaan antara satu sama lain.

4.     Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif: Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Dalam konteks "Teluk Serujo", pembacaan Al-Qur'an tidak hanya menjadi proses mekanis, tetapi juga mendorong murid untuk memahami dan merenungkan makna ayat-ayat tersebut. Ini mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka, sambil memperkuat hubungan spiritual mereka.

Dengan mengintegrasikan Kurikulum Merdeka dan P5, sekolah mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang holistik, yang tidak hanya menekankan pada pencapaian akademis tetapi juga pada pembentukan karakter yang kuat dan berintegritas. Melalui kisah "Teluk Serujo", kita melihat bagaimana komitmen terhadap pendidikan karakter menjadi landasan dalam membentuk generasi yang berdaya, berbudaya, dan berakhlak mulia.

Mari kita jadikan Teluk Serujo ini sebagai simbol kesyukuran dan kebahagiaan atas khatam Al-Qur'an putera-puteri kita. Semoga kebersamaan dan semangat gotong-royong yang telah kita tunjukkan hari ini menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjalani setiap langkah kehidupan kita. Mari kita terus bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, serta terus berupaya untuk meningkatkan kualitas iman dan amal kita sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan Al-Qur'an.

Kami telah memiliki kegiatan santunan anak yatim yang menjadi bukti nyata kasih sayang dan kepedulian kita kepada sesama. Dari kedalaman hati kami, kami ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada para guru bersertifikasi dan tenaga pendidik yang telah dengan ikhlas menyumbangkan sebagian dari rezeki mereka untuk kegiatan santunan anak yatim ini. Tindakan mulia ini adalah cermin dari ajaran Islam yang mendorong kita untuk berbagi dan peduli terhadap sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan.

Hari ini, dengan sukacita kami ingin menyampaikan program baru kami, "Jum'at TERSOLID: TERgerak untuk SOLawat, Infaq, dan seDekah," yang diinisiasi untuk mendukung pembangunan teras mushola di SDN 5 Pulau Besar. Program ini bukan hanya sekadar himpunan kata-kata, tetapi merupakan panggilan hati untuk bergerak bersama dalam menjalankan ajaran agama kita. Jum'at TERSOLID mengajak seluruh komunitas sekolah, mulai dari siswa-siswi, guru-guru, hingga orang tua murid, untuk bersatu dalam mengumpulkan solawat, infak, dan sedekah guna mendukung pembangunan teras mushola sebagai pusat spiritual dan pembelajaran bagi seluruh siswa dan masyarakat sekitar. Teras mushola bukan hanya sekedar bangunan fisik, tetapi merupakan tempat yang sarat dengan makna keagamaan dan pendidikan. Melalui program ini, kita tidak hanya berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur, tetapi juga merawat tumbuhnya nilai-nilai kebersamaan, kepedulian, dan keikhlasan di dalam hati kita masing-masing.

Kami mengundang seluruh komunitas sekolah untuk bergabung dalam program Jum'at TERSOLID ini dengan penuh semangat dan kesadaran akan pentingnya berbagi rezeki kepada sesama. Mari kita jadikan hari Jumat sebagai momentum untuk bergerak bersama, meramaikan solawat, menggalang infak, dan menyebarkan sedekah, demi terwujudnya impian kita memiliki teras mushola yang layak dan bermartabat.

Terima kasih atas semuanya, semoga Allah SWT senantiasa memberkahi langkah-langkah kita dalam menjalankan program-program yang telah dibuat, menjadikan kita sebagai umat yang taat, bermanfaat bagi sesama dan menjadikan setiap kebaikan yang kita lakukan sebagai amal yang diterima di sisi-Nya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

                                                                        Sumber Jaya Permai, 4 Maret 2024

                                                                        Kepala Sekolah

 

                                                                        SRIMAWARNI, S.Pd.SD

                                                                        NIP. 197112311996112003

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama