LAPORAN
LOKAKARYA 6 CGP ANGKATAN
9 KABUPATEN BANGKA SELATAN
PP_SRIMAWARNI
Tanggal: 30 Maret 2024
Tempat: SMAN 1 Toboali, Kabupaten Bangka Selatan
Waktu: Pukul 08.00 - 16.00 WIB
Peserta Lokakarya terdiri dari Pengajar Praktik sebanyak 5 orang, Calon Guru Penggerak (CGP) 32 orang, Perwakilan
Balai Guru Penggerak Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Bangka Selatan
Tema Lokakarya: Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah
Tujuan Lokakarya:
1. Menghasilkan rencana
kerja satu tahun untuk pengembangan sekolah yang berpihak pada murid.
2. Membuat rencana
penguatan kompetensi diri untuk mendukung rencana pengembangan sekolah.
Agenda
Kegiatan:
1. Pembukaan
2. Presentasi
"Berbagai Tujuan Program Sekolah" oleh Perwakilan Balai Guru
Penggerak Kepulauan Bangka Belitung.
3. Workshop: Membuat
Rencana Program Sekolah.
4. Sesi "Dimana Saya
Sekarang?": Evaluasi posisi saat ini dalam pengembangan sekolah.
5. Pembahasan "Ambil
Pelajaran, Lakukan Perbaikan" berdasarkan evaluasi.
6. Workshop: Rencana
Penguatan Kompetensi Diri.
7. Sesi Tindak Lanjut:
Pembagian tanggung jawab dan jadwal pelaksanaan rencana kerja.
8. Penutupan dan
penyerahan sertifikat.
Lokakarya
6 pada agenda pembukaan dengan MC PP_Srimawarni, diawali pembacaan doa oleh CGP
Pak Samudera, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Guru
Penggerak, dibuka secara klasikal oleh Perwakilan BGP Kep. Bangka Belitung,
Bapak Dirbowo, kemudian foto Bersama, selanjutnya memasuki kelas masing-masing
dengan pembagian kelas, kelas pertama terdiri dari PP Supri, Budiyanto dan
Zuhri Azis, sementara untuk kelas kedua dengan PP Srimawarni dan Nuraida.
Untuk mencapai tujuan kegiatan lokakarya keenam maka disepakatilah
kesepakatan kelas sebagai diantaranya
● Hadir tepat waktu,
● Berpartisipasi aktif dalam diskusi
● Menghargai pendapat peserta lain (semua pendapat dan pertanyaan
berharga)
● Penggunaan telepon genggam hanya saat di luar kelas - aktifkan
moda diam (silent mode) selama proses pembelajaran berlangsung
● Menjaga kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekitar tempat
lokakarya
● Mengembalikan perlengkapan yang disediakan ke tempat perlengkapan
Pada sesi Berbagi
Tujuan Program Sekolah, dengan Tujuan Sesi Peserta berbagi hasil tujuan program
pengembangan sekolah hasil pelibatan warga sekolah, semua CGP aktif berkegiatan
memvisualisasikan dalam kertas plano, tujuan program sekolah satu tahun ke
depan, mimpinya satu tahun ke depan, dilanjutkan dengan mempresentasikan maksud
gambar yang telah dibuat kepeda rekan lainnya, CGP aktif menanggapi dan
memberikan umpan balik.
Pada sesi Menyusun Rencana
Program Sekolah dengan tujuan sesi: peserta dapat menyusun rencana pengembangan
sekolah yang berpihak pada murid (tahapan Jabarkan Rencana dan Atur Eksekusi)
Menyusun rencana bagaimana agar tujuan bapak ibu tadi bisa tercapai. Tahapan
dari J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Eksekusi) pada tahapan BAGJA. Tahapan ini
sangat menarik dan menantang karena CGP membuat rencana program atau kegiatan
yang komprehensif, yang kemudian akan dapat diwujudkan tahap demi tahapnya
dengan kerangka waktu satu tahun ke depan, rancangan program dibuat dalam power
point presentation maksimal sembilan slide, dengan elemen-elemen rencana
program mengandung komponen sebagai berikut judul program, latar belakang,
tujuan program, Capaian, Langkah-langkah dan hasil yang diharapkan untuk tiap
tujuan, Struktur program dan mitra, Pernyataan tentang kapasitas yang dimiliki
kelas/ sekolah, rencana evaluasi, kemungkinan tantangan, perilaku CGP semua
aktif mengerjakan dilanjutkan CGP saling memberikan umpan balik dan melakukan
reviu hasil rencana program yang sudah dibuat oleh rekannya. Reviu dilakukan
secara berpasangan dengan saling bertukar dokumen (dengan saling menukar laptopnya
). Saya (PP) menyampaikan ucapan terima kasih kepada CGP sudah saling memberikan reviu
dan saling berdiskusi rencana program sekolah masing-masing, jika masih ada
beberapa hal yang perlu dilengkapi, tidak harus selesai saat ini, yang
terpenting pada sesi ini bapak ibu CGP sudah mempunyai gambaran rencana program,
dan yang sudah final nanti dibawa sebagai bahan pameran panen hasil di
lokakarya tujuh. Semua peserta Lokakarya beristirahat siang.
Pada sesi dimana
saya sekarang, dengan tujuan sesi Calon
Guru Penggerak dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang dapat mendukung
program sekolah yang sudah direncanakan, dengan kegiatan PP mengajak CGP melihat
kembali daftar kompetensi diri, CGP merefleksikan kekuatan diri berdasarkan
penilaian kompetensi tersebut yang dapat mendukung rencana program pengembangan
sekolah yang sudah dibuat, mengidentifikasi kompetensi diri yang masih perlu dikuatkan,
dengan mengisi lembar kerja kompetensi diri, dilanjutkan dengan untuk saling
berbagi secara berpasangan kekuatan diri dan kompetensi yang perlu dikuatkan
untuk mendukung program sekolah masing[1]masin.
Pada sesi Ambil Pelajaran, Lakukan Perbaikan, dengan tujuan sesi peserta dapat memetik pembelajaran dari upaya peningkatan kompetensi guru yang selama ini dilakukan, dengan kegiatan diawali diskusikan dan refleksikan pembelajaran dari upaya yang telah CGP lakukan untuk meningkatkan kompetensi diri. PP menjelaskan siklus terkait Rencana, Aksi dan Refleksi.Pada siklus tersebut menggambarkan proses yang terus menerus; Rencana adalah langkah-langkah untuk melakukan perubahan yang kemudian diwujudkan dalam aksi; Aksi bergerak atau tindakan melakukan sesuatu; Refleksi (Ambil pelajaran) proses merenungkan dan memetik pembelajaran terhadap suatu peristiwa atau kegiatan agar dapat dilakukan perbaikan pada masa yang akan datang.
CGP perlu
memahami bahwa proses refleksi penting untuk membuat rencana dan menerapkan
aksi yang lebih baik lagi, Refleksi atau memetik pembelajaran meliputi proses:
1.
Merenungkan
apa yang sudah berjalan dengan baik
2.
Merenungkan
apa yang perlu ditingkatkan
3.
Merencanakan
kembali perbaikan apa yang dapat dilakukan agar terjadi perbaikan pada masa
yang akan datang.
Kegiatan yang
dilakukan Pengajar Praktik memimpin diskusi yang diawali dengan meminta CGP
menjawab pertanyaan kunci dan menuliskannya di metaplan/post it, pertanyaan
tersebut adalah sebagai berikut pertama apa praktik baik yang sudah dilakukan
sebagai upaya peningkatan kompetensi guru penggerak, kedua apa yang masih
menjadi tantangan untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak dan yang ketiga
apa perbaikan yang bisa dilakukan ke depannya untuk mengatasi tantangan dan
meningkatkan kompetensi. Semua menjawab dan menempelkan pada kertas plano yang
telah disediakan. Pengajar praktik menyimpulkan “kita sama-sama berbagi apa hal
baik yang sudah dilakukan, dan apa yang menjadi tantangan, tetapi yang paling
penting kita juga merumuskan apa upaya perbaikan yang bisa dilakukan, semoga
proses reflektif seperti ini terus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari,
khususnya dalam peran sebagai Guru Penggerak nantinya agar membawa perubahan
pada lingkungan sekolah, hasil refleksi ini silakan nanti digunakan dalam menyusun
rencana penguatan kompetensi diri. Dilanjutkan mengisi lembar kerja kekuatan
diri.
Pada sesi Tindak
Lanjut Dan Penutup denagn tujuan sesi peserta mengevaluasi dan memetik
pembelajaran dari pelaksanaan lokakarya dan mengetahui tindak lanjut kegiatan
yang akan dilakukan. PP memberikan kesimpulan Bapak dan Ibu CGP sudah memiliki
rencana program pengembangan sekolah yang berdampak pada murid dan rencana
penguatan kompetensi diri, dan menyampaikan tidak lanjut untuk lokakarya
ketujuh, Bapak dan Ibu CGP Angkatan 9 kabupaten Bangka Selatan, meskipun sudah
tidak ada pendampingan individu ke sekolah, dikita tetap dapat berkomunikasi
untuk mengecek kemajuan rencana sekolah, silakan nanti dilengkapi, dalam bentuk power
point maksimal sembilan slide. Hasil tersebut nanti silahkan dicetak ukuran A3
(satu kertas ukuran A3 berisi 9 slide) dan akan digunakan untuk pemaren hasil
program di lokakarya tujuh. Berikut ini beberapa hal yang harus Bapak Ibu
siapkan untuk lokakarya panen hasil program yaitu :
1.
Program
sekolah dicetak ukuran A3 (berisi maksimal 9 slide)
2.
Foto/poster
salah satu aksi nyata yang sudah dilakukan. Pilih satu saja yang menurut Bapak
Ibu paling berkesan
3. Bagi CGP terpilih untuk berbagi pada
lokakarya tujuh siapkan semuanya dengan baik.
Pengajar praktik mengingatkan CGP untuk mengisi lembar evaluasi
sebagai umpan balik atas jalannya lokakarya ini dan untuk pengajar praktik yang
memfasilitasi, silakan jawab dengan sejujurnya; boleh di lokasi ataupun di
rumah, tidak perlu sungkan atau khawatir dalam menjawabnya karena jawabannya tidak
akan mempengaruhi penilaian atau kelulusan, pengisian itu ditujukan untuk
peningkatan program dan juga performa kami dalam mendampingi CGP. Diakhiri doa
penutupan kegiatan dan sesi foto Bersama. Dan yang paling menari kami semua
peserta mendapatkan bantuan transport lokakarya 6. Selamat menjalankan ibadah
puasa dan selamat menyambut hari raya idul Fitri 1445 H, mohon maaf lahir
batin, sampai ketemu di lokakarya 7, gelar karya Panen Hasil Belajar
Kesimpulan: Lokakarya Ke-6 telah
memberikan kontribusi signifikan dalam memberdayakan Calon Guru Penggerak untuk
memimpin pengembangan sekolah yang lebih berpihak pada peserta didik. Adopsi
rencana kerja dan penguatan kompetensi diri menjadi landasan penting dalam
upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bangka Selatan.
Penulis
Bangka Selatan, 31 Maret 2024
PP_SRIMAWARNI