LOKAKARYA 6 CGP BANGKA SELATAN

 

LAPORAN

LOKAKARYA 6 CGP ANGKATAN 9 KABUPATEN BANGKA SELATAN

PP_SRIMAWARNI

 


Tanggal: 30 Maret 2024
Tempat: SMAN 1 Toboali, Kabupaten Bangka Selatan
Waktu: Pukul 08.00 - 16.00 WIB

 

Peserta Lokakarya terdiri dari Pengajar Praktik sebanyak  5 orang, Calon Guru Penggerak (CGP) 32 orang, Perwakilan Balai Guru Penggerak Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan

Tema Lokakarya: Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah

Tujuan Lokakarya:

1.     Menghasilkan rencana kerja satu tahun untuk pengembangan sekolah yang berpihak pada murid.

2.     Membuat rencana penguatan kompetensi diri untuk mendukung rencana pengembangan sekolah.

Agenda Kegiatan:

1.     Pembukaan

2.     Presentasi "Berbagai Tujuan Program Sekolah" oleh Perwakilan Balai Guru Penggerak Kepulauan Bangka Belitung.

3.     Workshop: Membuat Rencana Program Sekolah.

4.     Sesi "Dimana Saya Sekarang?": Evaluasi posisi saat ini dalam pengembangan sekolah.

5.     Pembahasan "Ambil Pelajaran, Lakukan Perbaikan" berdasarkan evaluasi.

6.     Workshop: Rencana Penguatan Kompetensi Diri.

7.     Sesi Tindak Lanjut: Pembagian tanggung jawab dan jadwal pelaksanaan rencana kerja.

8.     Penutupan dan penyerahan sertifikat.

Lokakarya 6 pada agenda pembukaan dengan MC PP_Srimawarni, diawali pembacaan doa oleh CGP Pak Samudera, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Guru Penggerak, dibuka secara klasikal oleh Perwakilan BGP Kep. Bangka Belitung, Bapak Dirbowo, kemudian foto Bersama, selanjutnya memasuki kelas masing-masing dengan pembagian kelas, kelas pertama terdiri dari PP Supri, Budiyanto dan Zuhri Azis, sementara untuk kelas kedua dengan PP Srimawarni dan Nuraida.

Untuk mencapai tujuan kegiatan lokakarya keenam maka disepakatilah kesepakatan kelas sebagai diantaranya

● Hadir tepat waktu,

Berpartisipasi aktif dalam diskusi

● Menghargai pendapat peserta lain (semua pendapat dan pertanyaan berharga)

● Penggunaan telepon genggam hanya saat di luar kelas - aktifkan moda diam (silent mode) selama proses pembelajaran berlangsung

● Menjaga kebersihan ruang kelas dan lingkungan sekitar tempat lokakarya

● Mengembalikan perlengkapan yang disediakan ke tempat perlengkapan

Pada sesi Berbagi Tujuan Program Sekolah, dengan Tujuan Sesi Peserta berbagi hasil tujuan program pengembangan sekolah hasil pelibatan warga sekolah, semua CGP aktif berkegiatan memvisualisasikan dalam kertas plano, tujuan program sekolah satu tahun ke depan, mimpinya satu tahun ke depan, dilanjutkan dengan mempresentasikan maksud gambar yang telah dibuat kepeda rekan lainnya, CGP aktif menanggapi dan memberikan umpan balik.

Pada sesi Menyusun Rencana Program Sekolah dengan tujuan sesi: peserta dapat menyusun rencana pengembangan sekolah yang berpihak pada murid (tahapan Jabarkan Rencana dan Atur Eksekusi)
Menyusun rencana bagaimana agar tujuan bapak ibu tadi bisa tercapai. Tahapan dari J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Eksekusi) pada tahapan BAGJA. Tahapan ini sangat menarik dan menantang karena CGP membuat rencana program atau kegiatan yang komprehensif, yang kemudian akan dapat diwujudkan tahap demi tahapnya dengan kerangka waktu satu tahun ke depan, rancangan program dibuat dalam power point presentation maksimal sembilan slide, dengan elemen-elemen rencana program mengandung komponen sebagai berikut judul program, latar belakang, tujuan program, Capaian, Langkah-langkah dan hasil yang diharapkan untuk tiap tujuan, Struktur program dan mitra, Pernyataan tentang kapasitas yang dimiliki kelas/ sekolah, rencana evaluasi, kemungkinan tantangan, perilaku CGP semua aktif mengerjakan dilanjutkan CGP saling memberikan umpan balik dan melakukan reviu hasil rencana program yang sudah dibuat oleh rekannya. Reviu dilakukan secara berpasangan dengan saling bertukar dokumen (dengan saling menukar laptopnya ).  Saya (PP)  menyampaikan ucapan terima kasih
kepada CGP sudah saling memberikan reviu dan saling berdiskusi rencana program sekolah masing-masing, jika masih ada beberapa hal yang perlu dilengkapi, tidak harus selesai saat ini, yang terpenting pada sesi ini bapak ibu CGP sudah mempunyai gambaran rencana program, dan yang sudah final nanti dibawa sebagai bahan pameran panen hasil di lokakarya tujuh. Semua peserta Lokakarya beristirahat siang.

Pada sesi dimana saya sekarang, dengan tujuan sesi  Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang dapat mendukung program sekolah yang sudah direncanakan, dengan kegiatan PP mengajak CGP melihat kembali daftar kompetensi diri, CGP merefleksikan kekuatan diri berdasarkan penilaian kompetensi tersebut yang dapat mendukung rencana program pengembangan sekolah yang sudah dibuat, mengidentifikasi kompetensi diri yang masih perlu dikuatkan, dengan mengisi lembar kerja kompetensi diri, dilanjutkan dengan untuk saling berbagi secara berpasangan kekuatan diri dan kompetensi yang perlu dikuatkan untuk mendukung program sekolah masing[1]masin.

Pada sesi Ambil Pelajaran, Lakukan Perbaikan, dengan tujuan sesi peserta dapat memetik pembelajaran dari upaya peningkatan kompetensi guru yang selama ini dilakukan, dengan kegiatan diawali diskusikan dan refleksikan pembelajaran dari upaya yang telah CGP lakukan untuk meningkatkan kompetensi diri. PP menjelaskan siklus terkait Rencana, Aksi dan Refleksi.Pada siklus tersebut menggambarkan proses yang terus menerus; Rencana adalah langkah-langkah untuk melakukan perubahan yang kemudian diwujudkan dalam aksi; Aksi bergerak atau tindakan melakukan sesuatu; Refleksi (Ambil pelajaran) proses merenungkan dan memetik pembelajaran terhadap suatu peristiwa atau kegiatan agar dapat dilakukan perbaikan pada masa yang akan datang.

CGP perlu memahami bahwa proses refleksi penting untuk membuat rencana dan menerapkan aksi yang lebih baik lagi, Refleksi atau memetik pembelajaran meliputi proses:

1.     Merenungkan apa yang sudah berjalan dengan baik

2.     Merenungkan apa yang perlu ditingkatkan

3.     Merencanakan kembali perbaikan apa yang dapat dilakukan agar terjadi perbaikan pada masa yang akan datang.

Kegiatan yang dilakukan Pengajar Praktik memimpin diskusi yang diawali dengan meminta CGP menjawab pertanyaan kunci dan menuliskannya di metaplan/post it, pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut pertama apa praktik baik yang sudah dilakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi guru penggerak, kedua apa yang masih menjadi tantangan untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak dan yang ketiga apa perbaikan yang bisa dilakukan ke depannya untuk mengatasi tantangan dan meningkatkan kompetensi. Semua menjawab dan menempelkan pada kertas plano yang telah disediakan. Pengajar praktik menyimpulkan “kita sama-sama berbagi apa hal baik yang sudah dilakukan, dan apa yang menjadi tantangan, tetapi yang paling penting kita juga merumuskan apa upaya perbaikan yang bisa dilakukan, semoga proses reflektif seperti ini terus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam peran sebagai Guru Penggerak nantinya agar membawa perubahan pada lingkungan sekolah, hasil refleksi ini silakan nanti digunakan dalam menyusun rencana penguatan kompetensi diri. Dilanjutkan mengisi lembar kerja kekuatan diri.

Pada sesi Tindak Lanjut Dan Penutup denagn tujuan sesi peserta mengevaluasi dan memetik pembelajaran dari pelaksanaan lokakarya dan mengetahui tindak lanjut kegiatan yang akan dilakukan. PP memberikan kesimpulan Bapak dan Ibu CGP sudah memiliki rencana program pengembangan sekolah yang berdampak pada murid dan rencana penguatan kompetensi diri, dan menyampaikan tidak lanjut untuk lokakarya ketujuh, Bapak dan Ibu CGP Angkatan 9 kabupaten Bangka Selatan, meskipun sudah tidak ada pendampingan individu ke sekolah, dikita tetap dapat berkomunikasi untuk mengecek kemajuan rencana sekolah,  silakan nanti dilengkapi, dalam bentuk power point maksimal sembilan slide. Hasil tersebut nanti silahkan dicetak ukuran A3 (satu kertas ukuran A3 berisi 9 slide) dan akan digunakan untuk pemaren hasil program di lokakarya tujuh. Berikut ini beberapa hal yang harus Bapak Ibu siapkan untuk lokakarya panen hasil program yaitu :

1.     Program sekolah dicetak ukuran A3 (berisi maksimal 9 slide)

2.     Foto/poster salah satu aksi nyata yang sudah dilakukan. Pilih satu saja yang menurut Bapak Ibu paling berkesan

3.     Bagi CGP terpilih untuk berbagi pada lokakarya tujuh siapkan semuanya dengan baik.

Pengajar praktik mengingatkan CGP untuk mengisi lembar evaluasi sebagai umpan balik atas jalannya lokakarya ini dan untuk pengajar praktik yang memfasilitasi, silakan jawab dengan sejujurnya; boleh di lokasi ataupun di rumah, tidak perlu sungkan atau khawatir dalam menjawabnya karena jawabannya tidak akan mempengaruhi penilaian atau kelulusan, pengisian itu ditujukan untuk peningkatan program dan juga performa kami dalam mendampingi CGP. Diakhiri doa penutupan kegiatan dan sesi foto Bersama. Dan yang paling menari kami semua peserta mendapatkan bantuan transport lokakarya 6. Selamat menjalankan ibadah puasa dan selamat menyambut hari raya idul Fitri 1445 H, mohon maaf lahir batin, sampai ketemu di lokakarya 7, gelar karya  Panen Hasil Belajar

 

Kesimpulan: Lokakarya Ke-6 telah memberikan kontribusi signifikan dalam memberdayakan Calon Guru Penggerak untuk memimpin pengembangan sekolah yang lebih berpihak pada peserta didik. Adopsi rencana kerja dan penguatan kompetensi diri menjadi landasan penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bangka Selatan.

Penulis

Bangka Selatan, 31 Maret 2024

PP_SRIMAWARNI


 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama