LAPORAN PI 6 _ CGP A9 BANGKA SELATAN

 

LAPORAN PENDAMPINGAN INDIVIDU KE ENAM CALON GURU PENGGERAK

PP_SRIMAWARNI

Tanggal: 22 Maret 2024
Tempat: SMPN 8 Toboali
Nama Calon Guru Penggerak: Pak Karto



Pada hari Jum'at tanggal 22 Maret 2024, dilakukan pendampingan individu ke enam untuk Calon Guru Penggerak (CGP) yang bernama Pak Karto di SMPN 8 Toboali. Berikut adalah hasil diskusi dan observasi selama pendampingan tersebut antara lain Perubahan Kompetensi Sebagai Guru; Setelah menjalani 6 bulan pendidikan guru penggerak, Pak Karto mengalami perubahan yang signifikan dalam kompetensinya sebagai guru. Beliau saat ini lebih senang dan konsisten dalam berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk melakukan refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan berpikir reflektif dan kolaboratif dalam konteks pengajaran. Dampak positif dari program pendidikan guru penggerak juga terlihat pada perubahan diri murid. Murid-murid lebih senang belajar dan termotivasi untuk berada di sekolah, terutama dengan adanya program-program fresh yang muncul sebagai hasil dari pendidikan guru penggerak. Ini menunjukkan adanya perubahan positif dalam motivasi dan minat belajar siswa. Pak Karto mengungkapkan kepuasan terhadap Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP). Beliau merasa bahwa seluruh alur pembelajaran dalam PPGP telah mengarahkannya sebagai CGP yang memiliki banyak inspirasi dalam membangun program-program fresh di sekolah yang berpihak pada murid. Hal ini menunjukkan bahwa PPGP memberikan dampak positif dan memberdayakan CGP untuk mengembangkan inovasi dalam pendidikan. Tantangan selama menjalani pendidikan guru penggerak, Pak Karto menghadapi beberapa tantangan. Tantangan terbesar di awal pelaksanaan adalah membagi waktu dengan efektif antara menyelesaikan tugas di rumah dan di sekolah. Namun, setelah beberapa waktu, tantangan beralih pada kemampuan untuk mengajak rekan sejawat berkolaborasi dalam beberapa kegiatan aksi nyata pada modul-modul tertentu. Namun, beliau bersyukur karena rekan-rekan sejawat sangat mendukung kegiatan-kegiatannya sebagai CGP.

Dari hasil pendampingan individu ini, dapat disimpulkan bahwa Pak Karto telah menunjukkan perkembangan yang positif dalam kompetensi sebagai guru penggerak. Perubahan yang terjadi tidak hanya pada dirinya sebagai guru, tetapi juga pada murid-murid yang merasakan manfaat dari program pendidikan guru penggerak.

Tantangan yang dihadapi berhasil diatasi dengan baik, terutama melalui dukungan dan kolaborasi dengan rekan sejawat. Semoga Pak Karto terus menginspirasi dan memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan di SMPN 8 Toboali.

Pak Karto terima kasih telah berbagi praktik baik, Bapak juga keren dapat mencapai beberapa capaian dan perubahan positif selama menjalani pendidikan guru penggerak, usaha Bapak selama ini telah memberikan dampak yang baik bagi dirinya sendiri, siswa, dan lingkungan sekolah, terus tingkatkan kolaborasi dengan rekan sejawat dalam hal refleksi dan perbaikan proses belajar mengajar ya, karena kolaborasi ini dapat membantu dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing serta menghasilkan ide-ide baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan adanya perubahan positif yang telah dirasakan Pak Karto setelah mengikuti pendidikan guru penggerak, teruslah untuk memanfaatkan hasil-hasil tersebut dalam praktik sehari-hari, implementasikan program-program fresh yang telah diperoleh dari pendidikan guru penggerak untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Semoga Pak Karto dapat terus berkembang sebagai seorang guru penggerak yang berdedikasi dan mampu memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 8 Toboali, teruslah bersemangat ya, aamiin YRA.


1 Komentar

Lebih baru Lebih lama