LAPORAN PENDAMPINGAN INDIVIDU
KE ENAM CALON GURU PENGGERAK
PP_SRIMAWARNI
Tanggal: 22 Maret 2024
Tempat: SMPN 8 Toboali
Nama Calon
Guru Penggerak:
Pak Karto
Pada hari Jum'at tanggal 22 Maret 2024, dilakukan pendampingan individu ke enam untuk Calon Guru Penggerak (CGP) yang bernama Pak Karto di SMPN 8 Toboali. Berikut adalah hasil diskusi dan observasi selama pendampingan tersebut antara lain Perubahan Kompetensi Sebagai Guru; Setelah menjalani 6 bulan pendidikan guru penggerak, Pak Karto mengalami perubahan yang signifikan dalam kompetensinya sebagai guru. Beliau saat ini lebih senang dan konsisten dalam berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk melakukan refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan berpikir reflektif dan kolaboratif dalam konteks pengajaran. Dampak positif dari program pendidikan guru penggerak juga terlihat pada perubahan diri murid. Murid-murid lebih senang belajar dan termotivasi untuk berada di sekolah, terutama dengan adanya program-program fresh yang muncul sebagai hasil dari pendidikan guru penggerak. Ini menunjukkan adanya perubahan positif dalam motivasi dan minat belajar siswa. Pak Karto mengungkapkan kepuasan terhadap Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP). Beliau merasa bahwa seluruh alur pembelajaran dalam PPGP telah mengarahkannya sebagai CGP yang memiliki banyak inspirasi dalam membangun program-program fresh di sekolah yang berpihak pada murid. Hal ini menunjukkan bahwa PPGP memberikan dampak positif dan memberdayakan CGP untuk mengembangkan inovasi dalam pendidikan. Tantangan selama menjalani pendidikan guru penggerak, Pak Karto menghadapi beberapa tantangan. Tantangan terbesar di awal pelaksanaan adalah membagi waktu dengan efektif antara menyelesaikan tugas di rumah dan di sekolah. Namun, setelah beberapa waktu, tantangan beralih pada kemampuan untuk mengajak rekan sejawat berkolaborasi dalam beberapa kegiatan aksi nyata pada modul-modul tertentu. Namun, beliau bersyukur karena rekan-rekan sejawat sangat mendukung kegiatan-kegiatannya sebagai CGP.
Dari hasil pendampingan individu
ini, dapat disimpulkan bahwa Pak Karto telah menunjukkan perkembangan yang
positif dalam kompetensi sebagai guru penggerak. Perubahan yang terjadi tidak
hanya pada dirinya sebagai guru, tetapi juga pada murid-murid yang merasakan
manfaat dari program pendidikan guru penggerak.
Tantangan yang dihadapi berhasil
diatasi dengan baik, terutama melalui dukungan dan kolaborasi dengan rekan
sejawat. Semoga Pak Karto terus menginspirasi dan memberikan kontribusi positif
dalam dunia pendidikan di SMPN 8 Toboali.
Pak Karto terima kasih telah berbagi
praktik baik, Bapak juga keren dapat mencapai beberapa capaian dan perubahan
positif selama menjalani pendidikan guru penggerak, usaha Bapak selama ini telah
memberikan dampak yang baik bagi dirinya sendiri, siswa, dan lingkungan sekolah,
terus tingkatkan kolaborasi dengan rekan sejawat dalam hal refleksi dan
perbaikan proses belajar mengajar ya, karena kolaborasi ini dapat membantu
dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing serta menghasilkan
ide-ide baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan adanya perubahan
positif yang telah dirasakan Pak Karto setelah mengikuti pendidikan guru
penggerak, teruslah untuk memanfaatkan hasil-hasil tersebut dalam praktik
sehari-hari, implementasikan program-program fresh yang telah diperoleh dari
pendidikan guru penggerak untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.
Semoga Pak Karto dapat terus berkembang sebagai seorang guru penggerak yang
berdedikasi dan mampu memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas
pendidikan di SMPN 8 Toboali, teruslah bersemangat ya, aamiin YRA.
Semoga terus SEMANGAT
BalasHapus