MALAS BACA MODUL, INI SOLUSINYA
Sobat Pembatik 2023 Level 2
Berikut kumpulan soal-soal latihan kumpulan dari modul level 2, saya lengkapi dengan kunci jawaban.
Selamat berlatih ya
TAM MODUL 5
1. Faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital
adalah…
a. kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual
dan relevan
b. meningkatnya kemampuan profesional guru setelah mengikuti program
pelatihan
c. berkembangnya teknologi terbaru yang masih belum dioptimalkan
penggunaannya
d. berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK
di sekolah
e. tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai
sekolah penggerak atau sekolah contoh
2. Guru menggunakan fasilitas kelas digital Google Classroom dan Google Form
untuk memberikan pengayaan dan remedial bagi peserta didik yang
membutuhkan, di luar jam mengajarnya.
Contoh di atas adalah penerapan pembelajaran digital sesuai fungsi ….
a. personalisasi
b. akselerasi
c. subtitusi
d. suplemen
e. komplemen
3. Salah satu aktivitas belajar di kelas digital (LMS) adalah peserta didik mempelajari
materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang
ditautkan di LMS tersebut.
Ranah (domain) TPACK yang dominan pada aktivitas belajar tersebut adalah ….
a. TK (technological knowledge)
b. PK (pedagogical knowledge)
c. TPK (technological and pedagogical knowledge)
d. TCK (technological and content knowledge)
e. PCK (pedagogical and content knowledge)
4. Pada masa pandemi, banyak peserta didik yang merasakan kurangnya interaksi
belajar dengan teman sebaya. Salah satu aktivitas pembelajaran digital yang
dapat dirancang guru untuk meningkatkan interaksi antar peserta didik adalah ….
a. melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dan hasilnya dipresentasikan
oleh tim melalui aplikasi vicon
b. memberikan tugas observasi lingkungan rumah individu dan
didokumentasikan (foto dan video)
c. memberikan soal kuis sebagai persiapan belajar melalui aplikasi digital dan
memberikan hadiah kepada pemenang
d. merekam video penjelasan materi kemudian membagikannya kepada grup
komunikasi peserta didik
e. memanfaatkan siaran radio daerah untuk menjangkau peserta didik yang sulit
mengakses internet
5. Pembelajaran digital pun dapat dilakukan di kelas konvensional, tidak selalu jarak
jauh. Contoh penerapan pembelajaran digital secara klasikal yang tepat adalah
sebagai berikut, kecuali ….
a. pemanfaatan sumber belajar digital di kelas
b. melakukan asesmen daring dengan aplikasi google form di kelas
c. melakukan diskusi melalui konferensi video di kelas
d. pencarian referensi materi melalui internet browser di kelas
e. penggunaan aplikasi kuis daring sebagai ice-breaking sebelum memulai kelas
6. Salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas pendidikan daerah sebagai
pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi pembelajaran digital adalah
….
a. mendaftarkan semua sekolah di daerahnya menjadi sekolah penggerak
b. mendata semua guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik sebagai
penerima bantuan TIK
c. memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya
d. mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum
digital
e. memastikan semua sekolah memiliki web sekolah dan pendataan terpusat
7. Guru harus terampil menggunakan teknologi digital sehingga dapat
memanfaatkan kelebihan teknologi dalam mengelola pembelajaran dengan lebih
efisien. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam
mengelola pembelajaran, kecuali ….
a. mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS
b. mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring
c. melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar
d. mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital
e. berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor
8. Evaluasi pembelajaran digital tidak hanya dilakukan di akhir proses belajar, tapi
perlu dilakukan sepanjang proses persiapan hingga implementasinya. Salah satu
tujuannya adalah untuk mengetahui kesiapan dan kebutuhan peserta didik dalam
penyusunan kegiatan belajar. Evaluasi ini termasuk dalam jenis evaluasi ….
a. program
b. eksternal
c. diagnostik
d. formatif
e. sumatif
9. Evaluasi yang dilakukan guru untuk mengukur capaian pengetahuan hasil belajar
dengan memanfaatkan teknologi digital seperti Google Form akan membantu
meningkatkan efektivitas proses dalam hal ….
a. pengelolaan (pengolahan dan portofolio)
b. daya tarik belajar bagi peserta didik
c. pencarian sumber belajar digital
d. memudahkan mengecek keikutsertaan
e. peningkatan mutu pendidikan
10. Salah satu bentuk kolaborasi yang berkelanjutan (sustainable) antar pemangku
kepentingan (stakeholders) di daerah supaya implementasi pembelajaran digital
terjadi secara optimal dan relevan/kontekstual sesuai dengan potensi lokal adalah...
a. meningkatkan anggaran pendidikan daerah untuk dibelanjakan perangkat TIK
yang paling terbaru
b. menerapkan kurikulum digital berbasis pendekatan TPACK untuk seluruh
sekolah tanpa terkecuali
c. memperbaiki sarana dan prasarana sekolah, memastikan semua sekolah
memiliki aliran listrik
d. mengembangkan beragam bahan belajar digital secara terpusat lalu
didistribusikan ke seluruh sekolah
e. meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan TPACK melalui program
pelatihan berkelanjutan
TAM MODUL 6
1. Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru nanti, kemendikbudristek
menyiapkan 3 jalur pilihan sesuai satuan pendidikan yang sudah disesuaikan
dengan kondisi dan situasi dari masing-masing satuan Pendidikan, yaitu:
a. Mandiri Belajar, Mandiri Berbagi dan Mandiri Berubah
b. Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berkolaborasi
c. Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi dan Mandiri Bergotong-Royong
d. Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi dan Mandiri Bekerjasama
e. Mandiri Berubah, Mandiri Berkolaborasi dan Mandiri Bergotongroyong
2. Manfaat dengan adanya pusat sumber belajar adalah...
a. Penyimpanan, pelayanan, penyajian dan kolaborasi
b. Penyimpanan, pelatihan, pembaharuan dan berbagi
c. Penyimpanan, pelayanan, pemasaran, kolaborasi
d. Pelayanan, pelatihan, pemasaran dan pembaharuan
e. Pembaharuan, pemasaran, kolaborasi, pembaharuan
3. Platform Merdeka Mengajar memiliki fitur/menu yang dapat membantu
pengembangan kompetensi guru dan menunjang kegiatan belajar mengajar, yaitu:
a. Asesmen Murid, Komunitas, Bukti Karya dan Sumber Belajar
b. Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Sumber Belajar dan Edugame
c. Asesmen Murid, Pelatihan Mandiri, Perangkat Ajar dan Komunitas
d. Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Edugame dan Bukti Karya
e. Asesmen Murid, Sumber Belajar, Bukti Karya dan Video Inspirasi
4. Menu Perangkat Ajar pada PMM merupakan menu yang memuat berbagai materi
pendukung dalam kegiatan pembelajaran Guru di sekolah berupa:
a. Modul Kelas
b. Sumber Belajar
c. Edugame
d. Modul dan Bahan Ajar
e. Praktik Baik
5. Diferensiasi konten dalam pembelajaran terdiferensiasi dilakukan dengan cara:
a. Memberikan konten yang sama kepada semua peserta didik
b. Menyediakan sumber belajar yang variatif sesuai dengan materi ajar yang dipelajari
c. Menggunakan berbagai metode pengajaran yang fleksibel
d. Mempertimbangkan preferensi gaya belajar peserta didik
e. Menggunakan PMM sebagai sumber belajar digital
6. Asesmen yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar peserta didik dalam
mempelajari materi dan pencapaian tujuan pembelajaran, merupakan:
a. Asesmen Kelas
b. Asesmen Sekolah
c. Asesmen Sumatif
d. Asesmen Nasional
e. Asesmen Awal
7. Asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuane pembelajaran merupakan:
a. Asesmen Kelas
b. Asesmen Sekolah
c. Asesmen Sumatif
d. Asesmen Nasional
e. Asesmen Awal
MODUL 7
Latihan Belajar 1
1. Pengertian belajar menurut Prof. Oemar Hamalik adalah …
a. mengembangkan kemampuan kreativitas, sosial, emosional b. proses menyampaikan pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik c. menerima instruksi dari seseorang yang lebih berpengalaman d. usaha untuk mencapai nilai tinggi dan prestasi dari tugas dan ujian e. perubahan tingkah laku akibat adanya interaksi individu dan lingkungan
2. Lingkungan belajar mengandung arti … a. hal yang dapat mempengaruhi perubahan tingkah laku peserta didik b. segala hal di sekitar peserta didik yang dapat mempengaruhi tingkah laku c. lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat d. semua yang ada di sekeliling individu yang dapat menimbulkan interaksi e. lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi
3. Bagaimana dampak penggunaan model pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan belajar daring dalam proses pembelajarannya? a. Memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar b. Meningkatkan interaksi sosial antara pendidik dan peserta didik c. Mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran d. Menyebabkan ketergantungan peserta didik pada teknologi e. Membatasi kemampuan peserta didik dalam berkolaborasi dan diskusi
4. Model pembelajaran blended terdiri dari 3 komponen utama yaitu ... a. Pembelajaran luring, pembelajaran campuran, pembelajaran inovatif b. Pembelajaran luring, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran kreatif c. Pembelajaran daring, pembelajaran tatap muka, pembelajaran mandiri d. Pembelajaran daring, pembelajaran luring, pembelajaran campuran e. Pembelajaran daring, pembelajaran tidak langsung, pembelajaran aktif
5. Pada suatu waktu, seorang narasumber memberikan materi kepada para pendengar. Ada dua kelompok pendengar, yaitu yang hadir langsung di depan pembicara dan yang mendengarkan melalui Youtube Live Streaming. Di sesi diskusi, narasumber memberikan kesempatan baik kepada hadirin yang hadir maupun penonton daring di kanal untuk menyampaikan pertanyaan mereka. Contoh tersebut merupakan penerapan model pembelajaran ... a. Daring b. Luring c. Blended d. Hybrid e. Mix
6. Fitur unggulan LMS dalam pendukung proses belajar daring adalah…. a. News, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Laporan b. Permainan, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Laporan c. User Friendly Interface, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Laporan d. User Friendly Interface, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Chatting e. User Friendly Interface, Pendaftaran Daring, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Chatting
7. Berikut ini yang bukan merupakan kelebihan LMS adalah …. a. Mempermudah pendidik untuk mengumpulkan dan menganalisis data hasil belajar peserta didik dengan waktu yang lebih singkat b. Waktu pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran daring dapat diakses di mana saja dan kapan saja c. Mendorong peserta didik bersantai-santai dalam belajar, dan tidak terbebani d. Mempermudah guru dalam mengelola tugas, umpan balik, dan mengawasi kemajuan peserta didik dalam proses belajar e. Mendorong peserta didik untuk melakukan pembelajaran secara mandiri
8. Berikut ini merupakan contoh Learning Management System, kecuali… a. Zoom Meeting b. Google Classroom c. Kelas Maya d. Microsoft Teams e. Schoology
9. Apa saja fitur yang disediakan oleh Google Classroom? a. Alat analisis data untuk mengevaluasi kemajuan peserta didik b. Kemampuan untuk mengelola keuangan sekolah c. Fasilitas pemesanan ruang kelas dan peralatan pembelajaran d. Sarana untuk menjalankan simulasi laboratorium virtual e. Pengaturan tugas, materi, pengumuman dan forum diskusi
10. Berikut ini adalah cara mengakses LMS yang kurang tepat yaitu ... a. Kelas Maya : https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/ b. Microsoft Teams : https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-teams/log-in c. Google Classroom : https://classroom.google.com/ d. Schoology : https://app.schoology.com/login e. Moodle : https://moodle.org
Kegiatan Belajar 2
1. Beberapa kemampuan di bawah ini diperlukan untuk menghadapi kebutuhan di abad ke 21, kecuali
a. Kemampuan TIK
b. Kemampuan berpikir kritis
c. Kemampuan numerasi
d. Kemampuan berkomunikasi
e. Kemampuan kolaborasi
2. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan integrasi TIK dalam pembelajaran ....
a. Teknologi terkini, perencanaan pembelajaran, dan minat peserta didik
b. Karakter peserta didik, tujuan pembelajaran, dan lingkungan belajar
c. Keaktifan peserta didik, tujuan pembelajaran, dan kondisi sekolah
d. Kondisi sekolah, kemampuan pendidik, dan kelengkapan fasilitas
e. Lingkungan belajar, kemampuan pendidik, dan teknologi terbarukan
3. Metode pembelajaran yang memiliki karakteristik dimana peserta didik diminta untuk mengalami suatu peristiwa yang sedang dipelajarinya, merupakan metode pembelajaran ....
a. Simulation based learning
b. Case/problem based learning
c. Product based learning
d. Resources based learning
e. Colaborative based learning
4. Pelaksanaan pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka menurut Standar Proses dalam Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 melalui beberapa tahapan, seperti ....
a. Pengembangan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran
b. Penentuan, perlakuan, dan penilaian proses pembelajaran
c. Perencanaan, praktik baik, dan refleksi pembelajaran
d. Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran
e. Perancangan, praktik baik, dan evaluasi pembelajaran
5. Dalam pembelajaran terdiferensiasi, ada beberapa aspek dari peserta didik yang perlu diperhatikan yaitu ....
a. Kreativitas, bakat, dan lingkungan belajar
b. Kemampuan, hobi, dan ekonomi
c. Keluarga, lingkungan, dan masyarakat
d. Asal, ekonomi, dan keterampilan
e. Kesiapan, minat, dan profil belajar
6. Aspek pembelajaran terdiferensiasi yang menggunakan hasil akhir dari pembelajaran untuk menunjukkan kemampuan peserta didik merupakan aspek ....
a. Konten
b. Proses
c. Produk
d. Lingkungan belajar
e. Dampak belajar
7. Metode pembelajaran yang melibatkan rotasi peserta didik antara beberapan area pembelajaran yang berbeda di dalam kelas, adalah ....
a. Flipped learning
b. Blended learning
c. Project based
d. Station rotation
e. Problem based
8. Kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas merupakan salah satu dari komponen utama refleksi yaitu ....
a. Whole heartedness
b. Open mindedness
c. Responsibility
d. Problem solving
e. Consistency
9. Pendidik yang konsisten menjalankan refleksi akan mendapatkan berbagai dampak positif, berikut ini yang bukan merupakan dampak baik refleksi adalah....
a. Memahami maksud dari apa yang telah dipelajari
b. Dapat mengerti apa yang dilakukan
c. Paham apa yang harus dilakukan selanjutnya
d. Mengetahui budaya belajar yang ada di kelas
e. Dapat meluluskan kemampuan peserta didik
10. Berikut ini pernyataan yang paling tepat terkait best practice, adalah ....
a. Pendekatan yang didasarkan pada perencanaan terbaik
b. Pendekatan paling efisien dan efektif dalam menyelesaikan suatu tugas
c. Praktik pembelajaran tidak perlu melibatkan asesmen pembelajaran
d. Praktik baik selalu melibatkan penggunaan teknologi yang canggih
e. Praktik baik dicapai menggunakan metode pembelajaran hybrid
Tes Akhir Modul
1. Pendapat dari Slameto tentang lingkungan belajar yaitu …
a. prestasi belajar peserta didik dapat dipengaruhi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat
b. segala yang ada di sekeliling individu yang memiliki pengaruh tertentu
c. merupakan sesuatu yang ada di luar individu, walaupun ada juga yang mengatakan bahwa ada lingkungan yang terdapat dalam individu
d. semua yang ada di lingkungan peserta didik yang dapat memberikan pengaruh kepada tingkah laku individu
e. suatu pemicu perubahan tingkah laku pada individu melalui interaksi dengan lingkungannya
2. Salah satu kelemahan dari pembelajaran dalam jaringan (daring) yaitu ...
a. Peserta didik dapat mengakses sumber belajar melimpah dari internet
b. Pembimbingan dapat dilangsungkan dengan baik kepada tiap peserta didik
c. Mudah melakukan pemantauan terhadap aktivitas peserta didik dalam belajar
d. Keberhasilan sulit dicapai jika fasilitas kuota dan perangkat tidak tersedia
e. Kemandirian dan interaksi peserta didik dapat terdorong lebih baik
3. Metode pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran secara daring dikenal dengan istilah …
a. hybrid learning d. case based learning
b. blended learning
e. flipped learning
c. simulation learning
4. Fitur pada LMS yang menyediakan chart atau hasil yang dapat memudahkan pendidik melacak perkembangan peserta didiknya adalah fitur ….
a. antarmuka
d. laporan
b. ruang diskusi
e. konferensi video
c. ujian daring
5. Salah satu LMS yang dapat diakses menggunakan akun pembelajaran adalah…
a. Moodle
b. Microsoft Teams
c. Schoology
d. Kelas Maya
e. Google Classroom
6. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengintegrasian TIK dalam pembelajaran, adalah a. Mencapai tujuan pembelajaran dengan efisien
b. Membangun keterampilan TIK peserta didik
c. Melatih kemampuan komunikasi peserta didik
d. Mengajak peserta didik berkolaborasi aktif
e. Mencapai prestasi belajar yang terbaik
7. Salah satu metode pembelajaran yang disarankan untuk membangun keterampilan abad 21 melalui pemberian berbagai ragam dan jenis bahan belajar yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah metode ...
a. Resources based learning
b. Colaborative based learning
c. Simulation based learning
d. Project based learning
e. Problem based learning
8. Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses, yang bukan merupakan karakteristik pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka adalah ...
a. Pembelajaran interaktif
b. Pembelajaran kolaboratif
c. Pembelajaran inspiratif
d. Pembelajaran menyenangkan
e. Pembelajaran menantang
9. Pelaksanaan pembelajaran dimana membedakan kegiatan peserta didik dalam aktivitas mereka, merupakan pembelajaran terdiferensiasi yang menggunakan aspek ....
a. Konten
b. Produk
c. Proses
d. Lingkungan
e. Kemampuan
10. Kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran untuk meninjau kembali dengan lebih rinci pembelajaran yang sudah dilakukan, adalah pengertian dari ....
a. Asesmen
b. Evaluasi
c. Refleksi
d. Praktik Baik
e. Pengembangan
MODUL 8
Soal 1. Berikut ini adalah ciri-ciri media pembelajaran digital menurut Arsyad, kecuali …. a. dapat digunakan secara acak, non-sekuensial maupun secara linear b. digunakan sesuai dengan keinginan perancang atau pengembang c. pembelajaran berorientasi siswa, melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi dan memadukan kata serta visual dari berbagai sumber d. gagasan-gagasan disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman siswa dan relevan e. prinsip-prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam penggunaan media pembelajaran
2. Metode ACTION merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang baik. Jika seorang guru ingin menggunakan sebuah media namun ternyata kesulitan karena biayanya yang cukup mahal, pertimbangan yang digunakan disebut dengan …. a. Access b. Technology c. Interactivity d. Cost e. Novelt
3. Perhatikan gambar berikut!
Video : Bukti Karya - (kemdikbud.go.id) Gambar di atas merupakan salah satu contoh media pembelajaran video dalam bentuk …. a. animasi tradisional b. animasi 2D c. animasi 3D d. stop motion e. motion graphic
4. Podcast adalah siaran berupa rekaman suara, rekaman asli video, dan juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio dari host yang membahas topik tertentu. Alamat podcast dari Pusdatin Kemendikbudristek adalah …. a. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemdikbud b. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatinkemdikbud c. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemdikbudristek d. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemendikbud e. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemendikbudristek
5. Menurut Foreman, beberapa prinsip yang harus diterapkan dalam sebuah game edukasi adalah …. a. active learning, motivation, action b. individualization, novelty, social c. scaffolding, action, feedback active d. technology, interactivity, transfer e. motivation, scaffolding, assessment
6. Berikut yang tidak termasuk dari 4 alasan penting pemanfaatan media pembelajaran, yaitu …. a. meningkatkan mutu pembelajaran b. tuntutan paradigma baru c. tuntutan dunia teknologi d. memenuhi kebutuhan pasar e. visi pendidikan global
7. Gambar berikut menunjukkan pemanfaatan media pembelajaran digital yaitu ….
a. augmented reality b. virtual reality c. game edukasi d. video pembelajaran e. podcast
8. Memanfaatkan media pembelajaran perlu mempertimbangkan faktor-faktor berikut, kecuali …. a. fasilitas sekolah b. materi pembelajaran
c. karakteristik peserta didik d. gaya belajar peserta didik e. tujuan dan visi–misi sekolah
9. Memanfaatkan media pembelajaran digital perlu memperhatikan hak cipta atas konten milik orang lain yang akan digunakan, dengan cara …. a. membuat konten sendiri b. mencantumkan sumbernya c. mencantumkan konten asli d. merubah konten sebagian e. merubah konten seluruhnya
10.Berikut adalah alasan penggunaan konten pembelajaran berlisensi Creative Commons (CC), yaitu …. a. konten premium b. konten khusus c. konten personal d. konten terbuka e. konten komersial